Minggu, 14 Februari 2016

Review Lenovo Vibe P1M


Saya mau review HH ini. Sudah saya pakai sekitar sebulan beberapa minggu.

+ Dual SIM. Bisa diisi dua-duanya. Sudah support LTE.
+ Support SD Card sampai 64GB. Tested.
+ OS Lollipop.
+ Tidak pernah restart sendiri.
+ Harga murah meriah.
+ Foto-foto oke. Disclaimer: Saya jarang foto-foto orang lain, apalagi selfie (foto-foto diri sendiri).
+ Radio FM oke. Saya dengar radio pakai headphone tapi.
+ Wifi oke.
+ Bluetooth oke.
+ Baterai tahan sampai berhari-hari untuk pemakaian normal. Tapi kalau dipakai nyala terus-terusan (OTS, on the screen time) saya belum pernah coba, karena memang tidak pernah begitu di HH. Biasanya saya charge sekitar 2 atau 3 hari sekali. Biasanya yang bikin cepat habis baterai itu HH-nya mabok nyari sinyal.
+ Speaker internal oke.
+ Saya pakai tidak pernah panas.
+ Sudah ada anti gores, walau bukan tempered glass, tapi cuma anti glare.
+ Sudah ada casing bawaan. Casing yang cantik dan empuk.
+ Otomatis power saver. Kalau power saver diaktifkan di bagian kiri HH itu, bisa tambah awet baterainya (lama hidup HH-nya). Tapi kalau awet itu diinterpretasikan berupa usia dari baterai HH ini sampai berapa lama, jangan tanya ke saya, karena saya bukan orang hardware, apalagi orang baterai.
+ Desainnya bagus, kalau tidak bisa saya bilang mewah. Akhirnya saya jadi terbiasa dilirik orang kalau lagi nenteng HH murah meriah begini. Mungkin mereka kira Smartphone saya Apple juga sama seperti komputer saya. Padahal saya juga tidak pakai peralatan elektronik untuk menaikkan prestise, cuma menyesuaikan berdasarkan kebutuhan. Bila ada stigma menaikkan gengsi itu menurut saya semata-mata interpretasi massal belaka.

- Baterai 3,900 mAh Li-Ion. Bukan Li-Po. Jangan terjebak dengan keterangan GSM Arena maupun summary info di Bhinneka yang keliru. Li-Ion, bukan Li-Po.
- Kalau buka aplikasi banyak bisa hang. Contoh buka WA, sambil buka Google Kontak, sambil buka Google Mail, saya pernah hang pas kayak gitu.
- Bhinneka tidak mau memasangkan anti gores, itu menurut saya. Kalau menurut sales bhinneka yang tempo hari melayani saya, mungkin tidak tahu kalau HH ini sudah ada anti gores di dalam box-nya, makanya katanya tidak ada anti gores. Padahal ketika barang sudah sampai, sudah ada anti gores di dalam box yang masih bersegel. Kelebihannya dari hal ini memang barang masih bersegel, jadi tidak diutak atik. Kekurangannya: Product Knowledge sales yang bersangkutan, dan saya jadi harus memasang sendiri ke langganan saya. Jadi tidak full solusi online, dari internet, barang datang sendiri secara tuntas tas tas tas.
- Untuk mengaktifkan atau pun menonaktifkan baterai saver di samping kiri, tidak bisa langsung bila HH dalam keadaan berbaju atau ada dalam casing. Jadi harus telanjang dulu, atau harus buka/keluarkan dari casing dulu. Baru masukkan lagi ke casing kalau sudah. Kurang praktis. Kalau masih berbaju, sangkut. Ini casing bawaan, sudah ada di box, dari Lenovo-nya.


Buat yang suka baterai besar, walau bukan Li-Po, cocok pakai HH ini. Lama charge sekitar 2 jam.
Buat yang ingin tenaga lebih besar, bisa pakai kakaknya HH ini, hilangkan M (Mini), sudah ada di Bhinneka sini Lenovo Vibe P1 Turbo. Yang pakai kakaknya mungkin lebih cocok buat yang suka buka aplikasi sekaligus banyak atau yang berat-berat. Kata mungkin saya garis bawahi karena disclaimer sampai tulisan review ini saya buat, saya sendiri belum mencoba kakaknya. Peace. Jadi silakan dikoreksi bila ada yang lebih tahu daripada saya.

Untuk review Bhinneka


UPDATE 1

Untuk pemakaian dengan muka yang penuh keringat, HH ini memang tahan. Tapi kalau percobaan HH ini yang direndam dalam air, saya belum pernah mencobanya, takut.

Kalau kena cipratan air juga sudah dicoba, ceritanya ada yang habis mandi-mandi, kibas-kibas buka-tutup handuk sampai airnya tidak sengaja menciprat ke HH ini, tapi HH ini fine-fine aja, sampai sekarang tidak pernah ada masalah.
UPDATE 2

Pada point

- Kalau buka aplikasi banyak bisa hang. Contoh buka WA, sambil buka Google Kontak, sambil buka Google Mail, saya pernah hang pas kayak gitu.

di atas, semuanya itu saya coret, nih begini

- Kalau buka aplikasi banyak bisa hang. Contoh buka WA, sambil buka Google Kontak, sambil buka Google Mail, saya pernah hang pas kayak gitu.

 Entah karena apa, mungkin karena saya update ke terbaru (yang disediakan Lenovo Vibe P1M, bukan yang terbaru yang disediakan Google Android), atau karena apa, saya tak tahu. Yang pasti, saya tidak pernah lagi hang ketika banyak membuka aplikasi. Memang mungkin pernah, tapi tidak sering-sering. Maksud saya, baru terjadi kalau sudah buka 30 aplikasi lebih. Sementara saya hampir tidak pernah membuka aplikasi sampai kelewat banyak seperti itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan menyampaikan komentar yang konstruktif atau diam.

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.